One Piece | Evaluasi AL #2 – Respon Masalah

<– Evaluasi AL #1 | Imigrasi Bajak Laut

Mari kita lanjutkan membahas tentang Angkatan Laut bodoh ini.

Masalah imigrasi bajak laut dari lautan Blue ke Grand Line atau dari Grand Line ke New World bukanlah yang terpenting yang harus diatasi oleh Angkatan Laut. Iya penting tapi ada yang lebih penting lagi.

Apakah personil Angkatan Laut telah mengambil langkah tepat dalam mengatasi para bajak laut tersebut?

Tindakan mengatasi yang sering dilakukan oleh para bajak laut adalah pertempuran, konfrontasi atau perlawanan secara langsung antara personil Angkatan Laut dengan para bajak laut tersebut.

Apakah sudah berhasil baik? Apakah responnya sudah tepat?

Monkey D. Luffy masih hidup. Nilai merah untuk Angkatan Laut. Continue reading

Advertisements

One Piece | Evaluasi AL #1 – Imigrasi Bajak Laut

Author’s Note: HAPPY NEW YEAR, GUYSSSSS!!!!!!! Agak telat memang tapi yang penting kan ngucapin, ya kan?

Di awal tahun 2016 ini, gue pengen bikin semacam kayak evaluasi untuk hasil kerja Angkatan Laut selama serial One Piece pertama kali dibuat. Angkatan Laut telah menjadi bagian dari kehidupan para tokoh dalam serial One Piece dan telah memiliki warna tersendiri bagi serba-serbi kehidupan perbajak-lautan *duh gaje

Setelah Sengoku mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Laksamana Armada (Fleet Admiral), begitu pula Aokiji dari jabatannya sebagai Laksamana (Admiral), Angkatan Laut telah mengalami kehilangan yang luar biasa karena mereka berdua adalah sosok dengan peran begitu besar serta kekuatan yang bisa membuat bajak laut kelayapan. Namun kita akan mengintip kembali berbagai hasil besar yang telah dicapai Angkatan Laut sebelum mereka berdua mengundurkan diri untuk menghormati mereka. Continue reading

One Piece | Kekuatan Bajak Laut Topi Jerami? #2 – Potensi Hubungan

(<– Baca dulu part 1)

Sudahkah kalian tahu bahwa sekarang ada Armada Besar Bajak Laut Topi Jerami? Kalo lu cuma nonton animenya dan nggak baca manganya..

(SPOILER ALERT!)

Cerita singkatnya, setelah Bajak Laut Topi Jerami berhasil mengalahkan seluruh Bajak Laut Donquixote di Kerajaan Dressrosa, hampir semua teman seperjuangannya memutuskan untuk bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami sebagai anak buahnya. Walaupun ide gabungan itu ditolak oleh Luffy sendiri namun akhirnya mereka memilih untuk tetap berhubungan dan jika ada satu yang kesusahan maka yang lain akan tetap membantu; mereka tidak harus terikat dalam satu wadah Bajak Laut Topi Jerami namun mereka tetap dalam satu hubungan persahabatan *asek.

Lu tau gimana Bajak Laut Topi Jerami hanya mempunyai 9 anggota? Jika seluruhnya ditambah dengan Armada Besar Bajak Laut Topi Jerami ini maka jumlahnya meroket hingga 5649 anggota! Bahkan, Armada Besar Bajak Laut Topi Jerami merupakan grup bajak laut terbesar dalam dunia One Piece (minimal yang baru kita ketahui sekarang dalam manga).

Btw, siapa sajakah mereka? Continue reading

One Piece | Kekuatan Bajak Laut Topi Jerami? #1 – Hubungan

Bajak Laut Topi Jerami (Strawhat Pirates), seperti yang telah diketahui seluruh penggemar One Piece, adalah komplotan bajak laut yang sangat kuat, yang telah melakukan berbagai aksi luar biasa serta kapten dengan keluarga yang nggak biasa. Di sini, gue nggak akan ngebahas satu per satu anggota Bajak Laut Topi Jerami untuk mengukur seberapa jauh kekuatan mereka (karena kalian dah pasti tau juga) namun ternyata, mereka memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan sekarang. Continue reading

One Piece | Ton Ton vs Kilo Kilo

Dalam serial One Piece, Buah Iblis (Devil Fruit) adalah salah satu sumber utama kekuatan super yang dimiliki oleh setiap tokoh. Ada banyak sekali jenis Buah Iblis dan masing-masing Buah Iblis memiliki kekuatannya masing-masing. Jika ada seseorang memakan salah satu Buah Iblis tersebut maka dirinya akan memiliki kekuatan yang ada di dalam Buah Iblis tersebut. Sebagai ganti kekuatan baru tersebut, orang yang telah memakan Buah Iblis tidak dapat berenang dalam semua jenis perairan. Hal ini menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi para bajak laut ataupun angkatan laut jika ingin memakan salah satu Buah Iblis karena efeknya.

Di dalam dunia One Piece, terdapat Buah Iblis yang memiliki keterkaitan atau hubungan dengan Buah Iblis yang lain. Contohnya, Mogu Mogu no Mi (Magma-Magma) milik Akainu yang lebih kuat dibanding dengan Mera Mera no Mi (Api-Api) milik Portgas D. Ace. Salah satu contoh lain, Goro Goro no Mi (Petir-Petir) miliki Enel tidak memiliki efek sama sekali jika digunakan kepada Monkey D. Luffy yang memiliki Gomu Gomu no Mi (Karet-Karet) sebab pada dasarnya, karet memilik sifat tidak bisa menghantarkan listrik dengan baik.

Salah satu hubungan Buah Iblis yang menjadi bahan pembicaraan saya kali ini adalah Ton Ton no Mi (Ton-Ton) milik Machvise, anggota Bajak Laut Donquixote (Donquixote Pirates) dengan Kilo Kilo no Mi (Kilo-Kilo) milik Miss Valentine, anggota Baroque Works.  Continue reading

One Piece | Baby 5 and Feeling Needed

One Piece memiliki segudang cerita latar belakang atau background story dari para tokohnya yang amat menarik. Kita tidak hanya berbicara tentang kisah masing-masing anggota Bajak Laut Topi Jerami (Straw Hat Pirates) namun ada satu kisah latar belakang yang menarik perhatian saya. Tokoh ini bukanlah tokoh protagonis utama, juga bukan tokoh antagonis utama, malah hanya seorang tokoh antagonis sampingan. Seorang mantan anggota dari Bajak Laut Donquixote (Donquixote Pirates), anak buah Donquixote Doflamingo, Baby 5. Continue reading

Syair “Ulangan Fisika”

Ulangan Fisika

Oleh Stanislaus Demokrasi Sandyawan

Apakah hamba harus melakukan ini?
Butir demi butir soal kulewati
Tak satupun yang kumengerti
Hanya hampa yang ada di pikiran ini

Hamba bukan mesin berjalan
Bukan pemuda yang mencari jawaban
Hamba hanyalah mahluk pencari “Tuhan”
Mencari kepastian di waktu depan

Aku rindu satu kali empat
Bukan lima sepertiga kuadrat
Atau massa kalsium karbonat
Bahkan hukum alam sejagat

Angka rumit bagai mencari arti kehidupan
Menghitung koma aku tidak tahan
Kertas hanya sebatas hiasan
Kehadiran-Mu Tuhan kuperlukan

Wahai Fisika yang hamba benci
Mengapa engkau datang menghampiri?
Dentuman jam bagai lagu mati
Mengangkat tangan hingga ajal menanti Continue reading