One Piece | Kekuatan Bajak Laut Topi Jerami? #3 – Senjata Kuno

(<– Dah baca artikel yang sebelumnya?)

Setelah kita melewati artikel-artikel tentang hubungan Bajak Laut Topi Jerami dengan berbagai pihak, kita masuk ke bagian yang paling menyeramkan dari kekuatan tersembunyi yang dimiliki oleh Bajak Laut Topi Jerami.

Yaa dari judulnya si udah ketauan.

Senjata Kuno (Ancient Weapons).

Sejauh ini, terdapat tiga senjata kuno yang ada dalam dunia One Piece: Poseidon, Uranus dan Pluton. Ketiga senjata kuno ini memiliki kemampuan penghancuran dalam skala besar. Alasan Pemerintahan Dunia melarang penelitian mengenai Void Century adalah karena di dalam poneglyph-poneglyph yang tersebar di penjuru dunia, terdapat poneglyph yang berisi informasi tentang senjata kuno: letak, sejarah, cara penggunaan, dll dan Pemerintahan Dunia tidak ingin agar senjata-senjata ini jatuh ke tangan seseorang dan digunakan dalam peperangan.

Seberapa kuatkah senjata-senjata kuno ini?

Kita memang belum pernah melihat secara langsung senjata-senjata kuno ini dalam aksinya namun kita pernah melihat aksi senjata lainnya yang, katanya, adalah rival dari senjata kuno itu dalam hal ‘penghancuran skala besar’: Batu Dyna. 

Walaupun tidak dianggap sebagai canon atau menjadi bagian dari cerita asli, Batu Dyna ini bisa kita jadikan sebagai pembanding kekuatan sebenarnya ketiga senjata kuno ini.

Batu Dyna diperkenalkan dalam film One Piece: Z, digunakan oleh sang tokoh antagonis utama, Zephyr, dalam upayanya menghancurkan New World. Caranya adalah dengan menghancurkan tiga gunung berapi yang jika ketiga-tiganya hancur maka akan mengaktifkan suatu aktivitas magma di dalam perut bumi yang, entah gimana caranya, bisa menghancurkan keseluruhan New World.

Dari ringkasan cerita di atas, bisa kita ketahui bahwa Batu Dyna merupakan semacam bom atau bahan peledak dengan tingkat kehancurkan tinggi bahkan bisa sampai menghancurkan satu pulau.. SATU PULAU.

File:Firs Island Explosion.png

Gambar di atas adalah hasil ledakan puluhan atau ratusan Batu Dyna di Pulau Firs. Dahsyat nggak? Kalau kita bandingkan dengan di dunia nyata maka ledakan puluhan atau ratusan Batu Dyna bisa setara dengan ledakan bom nuklir.

Itu baru Batu Dyna, bukan senjata kuno yang sebenarnya. Batu Dyna hanya disebut sebagai ‘rival’ senjata kuno sehingga tingkat kehancuran senjata kuno, MINIMAL, setara dengan Batu Dyna atau lebih besar.

Bagaimana bentuk ketiga senjata kuno ini?

Sejauh ini, baru dua senjata kuno yang kita tau bentuknya kayak apa: Pluton, merupakan sebuah kapal perang raksasa yang, katanya, memiliki kemampuan untuk menghancurkan sebuah pulau secara keseluruhan, sama seperti Batu Dyna serta Poseidon, merupakan kemampuan seseorang untuk mengendalikan Raja Laut (Sea King) yang, katanya, bisa menenggelamkan sebuah pulau secara keseluruhan, mirip-mirip sama Poseidon dan Batu Dyna. Senjata kuno ketiga, Uranus, belum diperlihatkan.

Apa hubungan antara ketiga senjata kuno dengan Bajak Laut Topi Jerami?

Terima kasih kepada Luffy yang memiliki kemampuan untuk membuat orang lain menjadi teman atau aliansinya, Bajak Laut Topi Jerami hampir berhasil menggenggam DUA DARI TIGA SENJATA KUNO: Pluton dan Poseidon.

Cetak biru Pluton diturunkan dari generasi ke generasi di dalam Water 7 oleh para mekanik kapal sampai akhirnya jatuh ke tangan Tom, mekanik kapal pembuat kapal milik Gol D. Roger. Setelah kematiannya, cetak biru Pluton diturunkan kepada Iceburg, salah satu murid dari Tom. Kemudian, Iceburg memberikan cetak biru tersebut kepada Franky, teman segurunya. Iceburg melakukan hal tersebut untuk mencegah cetak biru Pluton jatuh ke tangan CP9. Pada akhirnya, Franky membakar cetak biru tersebut agar tidak seorang pun dapat membangun kapal perang raksasa itu.

Franky nantinya bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami dan bayangkan jika Franky tidak jadi membakar cetak biru itu? Franky, dengan kemampuannya, gue yakin, bisa membangun Pluton jika ada materialnya. 

Poseidon atau kemampuan untuk mengendalikan sea kings sekarang berada di dalam diri Shirahoshi, putri Raja Neptune dari Pulau Duyung. Setelah Bajak Laut Topi Jerami berhasil menggagalkan rencana Hody Jones dan rekan-rekannya dalam merebut tahta Kerajaan Ryugu, Bajak Laut Topi Jerami menjadi teman baik kerajaan tersebut, termasuk Shirahoshi. Bahkan Shirahoshi ingin agar Bajak Laut Topi Jerami untuk tinggal sejenak agar dirinya dapat mengenal Bajak Laut Topi Jerami lebih dalam.

Seandainya Luffy itu jahat dan memilih untuk menggunakan kemampuan Shirahoshi untuk menghancurkan entah apa… gila. Bajak Laut Topi Jerami bahkan bisa menyerang Marineford atau pangkalan AL lain tanpa harus berada di sana.

Oke, berdasarkan semua hal-hal di atas, Bajak Laut Topi Jerami (seharusnya) dapat meledakkan atau menenggelamkan sebuah pulau, tinggal pilih aja. Apa jadinya jika mereka benar-benar menggunakan senjata kuno itu?

Bisa dibayangkan betapa OP-nya Bajak Laut Topi Jerami itu.

Memang sekarang Bajak Laut Topi Jerami tidak bisa menggunakan kekuatan Pluton karena cetak birunya sudah dibakar oleh Franky namun tidak menutup kemungkinan, mereka bisa meminta Shirahoshi untuk menggunakan kemampuannya untuk menyerang apapun. Kemungkinan besar Shirahoshi akan menuruti permintaan mereka karena merasa bahwa hal itu menjadi ganti atau bayaran setelah mereka telah berhasil menyelamatkan kerajaannya.

Akhir kata, kata-kata Dracule Mihawk di awal seri artikel ini memanglah betul bahwa kekuatan Bajak Laut Topi Jerami yang sebenarnya terletak pada sikap dan aksi mereka yang bisa membuat siapapun menjadi teman atau aliansi untuk mereka.

-END-

 

Advertisements

One thought on “One Piece | Kekuatan Bajak Laut Topi Jerami? #3 – Senjata Kuno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s