One Piece | Kekuatan Bajak Laut Topi Jerami? #1 – Hubungan

Bajak Laut Topi Jerami (Strawhat Pirates), seperti yang telah diketahui seluruh penggemar One Piece, adalah komplotan bajak laut yang sangat kuat, yang telah melakukan berbagai aksi luar biasa serta kapten dengan keluarga yang nggak biasa. Di sini, gue nggak akan ngebahas satu per satu anggota Bajak Laut Topi Jerami untuk mengukur seberapa jauh kekuatan mereka (karena kalian dah pasti tau juga) namun ternyata, mereka memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan sekarang.

Yaa untuk sekedar refresh otak, gue rangkum dulu deh satu-satu anggota mereka:

  1. “Straw Hat” Monkey D. Luffy (Kapten)

Monkey D. Luffy Post Timeskip Portrait

Kewajibannya sebagai kapten kapal dari Bajak Laut Topi Jerami memang dipertanyakan namun tanggung jawabnya sebagai seorang kapten dari keluarga Bajak Laut Topi Jerami? Jangan dipertanyakan lagi.

Ia memakan Mogu Mogu no Mi (Karet-Karet) menjadikannya Manusia Karet sehingga pada dasarnya, jika dihantam menggunakan blunt attack, seperti pukulan, tendangan atau senjata seperti palu, nggak berasa boy (ya nggak juga sih tapi you understand la). Kini, tubuhnya kebal dengan hampir semua jenis racun, terima kasih kepada Magellan. Ia juga seorang pengguna Haki yang ahli, sampai-sampai dapat menggunakan Haoshoku Haki, terima kasih kembali diucapkan kepada Rayleigh.

2. “Pirate Hunter” Roronoa Zoro (Ahli Pedang)

Roronoa Zoro Post Timeskip Portrait

Jago main pedang tapi bego nyari jalan.

Buta satu mata dan buta arah.

Nggak tanggung-tanggung, orang satu ini menggunakan tiga pedang sekaligus. Ya kadang-kadang bisa dua, kadang-kadang juga satu. Murid dari salah satu Shichibukai dan dijuluki sebagai “Ahli Pedang Terbaik di Dunia”, Dracule Mihawk. Ia juga dapat menggunakan Haki serta memiliki ketahanan serta kekuatan tubuh yang luar biasa

3. “Black Leg” Sanji (Koki)

Sanji Post Timeskip Portrait

Jago nendang juga masak rendang, tapi sekalinya dipandang gadis kembang, dia timpang. Satu-satunya tokoh yang bisa mati karena mimisan ya cuma dia.

Semua keahlian dia berpusat pada kedua kakinya: bisa jalan di udara, bisa bikin api di salah satu kakinya. Tunggu ampe dia bisa jalan di atas air. Ia juga bisa menggunakan Haki.

4. “Cat Burglar” Nami (Navigator)

Nami Post Timeskip Portrait

She who controls the weather and the ship, controls the money and the men on the ship (bruh).

Tokoh dengan IQ tertinggi kedua di laut daerah asalnya, East Blue. Keahlian navigasi yang mumpuni ditambah dengan kemampuan mengatur keuangan kapal serta memimpin kapal (pengganti Luffy). Karena dia memahami cuaca maka akhirnya ia bisa mengontrol cuaca menggunakan Clima Tact-nya. Dia juga jago ngibul dan nyipet.

5. “Cotton Candy Lover” Tony Tony Chopper (Dokter)

Tony Tony Chopper Post Timeskip Portrait

Kayak Twillight tapi ini rusa.

Seekor rusa yang memakan Hito Hito no Mi (Manusia-Manusia) sehingga bisa merubah dirinya menjadi seorang manusia ini adalah dokter dengan keahlian luar biasa. Selain ilmu kedokterannya, ia juga bisa bertarung menggunakan berbagai transformasi dalam tubuhnya.

6. “Cyborg” Franky (Mekanik Kapal)

Franky Post Timeskip Portrait

Aaaawww, SUUUUUUPPPPEEEERRRRRR!

Mau jadi apa, Thousand Sunny tanpa dirinya? Salah satu dari dua murid seorang mekanik kapal terkemuka di dunia, Tom. Selain bisa bikin kapal, ternyata dia juga bisa bikin tank, robot, kapal selam, perahu, kapal kecil bahkan kekuatan cahayanya Kizaru sekalipun setelah belajar di salah satu laboratorium milik Vegapunk.

7. “Devil Child” Nico Robin (Arkeologis)

Nico Robin Post Timeskip Portrait

Gua sebenarnya nggak ngerti peran sebenarnya dia kalo di dalam kapal tetapi gue asumsikan sebagai tukang kebun (karena dia sering berkebun di kapal).

Satu-satunya orang yang selamat dari Ohara, menjadikannya dirinya sangat penting karena bisa membaca Ponegylphs. Dia juga petarung yang unggul setelah memakan Hana Hana no Mi (Bunga-Bunga). Dia juga pinter.

8. “Soul King” Brook (Pemusik)

Brook Post Timeskip Portrait

Tengkorak kribo.

Pemusik handal namun juga ahli pedang yang hebat walaupun nggak sejago Zoro. Pemakan Yomi Yomi no Mi (Bangkit-Bangkit) menjadikan dia memiliki kekuatan mirip-mirip seperti Klan Yamanaka dari serial Naruto tapi beda.

9. “God” Usopp (Penembak Jitu)

Usopp Post Timeskip Portrait

Dia aja bisa nembak cewek yang jaraknya beratus-ratus kilometer, dari bukit ke bukit, terhalang dinding benteng, masa lo nembak si dia aja nggak bisa-bisa?

Walaupun dia penakut, gue akuin, dia seorang penembak jitu yang amat jago. Mungkin gen dari bapaknya, Yasopp, yang juga penembak jitu di Bajak Laut Rambut Merah-nya Shanks. Setelah dulunya ia cuma bisa nembak peluru sekarang dia bisa nembak biji-bijian jadi tumbuhan.

***

Setelah dilihat-lihat dari rangkuman di atas, cukup jelas bahwa komplotan bajak laut ini memang amat kuat, dilihat dari kemampuan dan keahlian masing-masing anggota. Namun dibalik itu semua, ada kekuatan lain yang menanti Bajak Laut Topi Jerami ini.

Untuk mengerti lebih dalam makna kekuatan lain dari Bajak Laut Topi Jerami ini, mari kita kutip kata-kata bijak dari salah satu Shichibukai, Dracule Mihawk sebagai komentar terhadap kekuatan menakutkan dari Monkey D. Luffy:

“Ini bukan semacam kekuatan khusus, tapi ia memiliki kemampuan untuk membuat sekutu semua orang yang ditemuinya. Dan itu adalah kemampuan yang paling menakutkan di laut lepas …”

Oke, apakah lu semua ngerti kekuatan lainnya? Nggak?

Jawabannya, sekutu dan hubungan khusus.

Selama petualangannya di laut lepas, Luffy dan kawan-kawannya telah banyak menjalin pertemanan dan persahabatan dengan orang lain. Kebanyakan, Bajak Laut Topi Jerami menjalin hubungan tersebut dengan membantu mereka dalam menghadapi musuh.

Pada dasarnya, bajak laut dalam dunia One Piece adalah orang-orang jahat yang seharusnya dibenci oleh masyarakat karena perbuatan dan aksi mereka namun tidak untuk Bajak Laut Topi Jerami. Jika komplotan bajak laut lain akan menghancurkan, membunuh, mencuri, merampok atau cuma numpang lewat, ini orang-orang malah ngebantu mereka yang berkesusahan hampir di setiap pemberhentian di berbagai pulau. Alhasil, mereka punya banyak teman.

Terus kenapa?

Dari banyak teman yang mereka buat sepanjang perjalanan, Bajak Laut Topi Jerami telah membuat hubungan persahabatan dengan penduduk setempat di berbagai tempat. Saya ulangi, penduduk setempat. Telah gue katakan, bajak laut seharusnya dibenci namun untuk Bajak Laut Topi Jerami, mereka dicintai oleh masyarakat bahkan pemerintahnya karena perbuatan mereka dalam wilayah tersebut.

Terus apa keuntungannya?

Akibat hubungan persahabatan itu, wilayah-wilayah yang telah diselamatkan oleh Bajak Laut Topi Jerami akan selalu berusaha untuk mendukung mereka, baik itu secara material, moral ataupun diplomatik. Secara material, wilayah-wilayah tersebut bisa memberi mereka apa saja sebagai ganti dari perbuatan mereka. Seperti yang kita lihat saat penduduk Skypiea bersedia memberikan Bajak Laut Topi Jerami salah satu tiang emas raksasa peninggalan budaya mereka ataupun petinggi kerajaan Pulau Duyung (Fishman Island) yang bersedia memberikan semua harta karun kerajaannya. Bayangkan jika mereka benar-benar menggunakan harta tersebut, bisa sekaya apa Bajak Laut Topi Jerami? Bisa bikin kapal lebih gede, senjata lebih modern atau beli cewek apa kek. Itu baru dua wilayah, belum yang lain.

Mari kita lihat beberapa wilayah yang telah menjalin hubungan persahabatan dengan Bajak Laut Topi Jerami:

  • Kerajaan Sakura di Pulau Drum, di sinilah tempat Chopper tinggal di bawah naungan Dr. Kureha sebelum akhirnya bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami setelah mereka berhasil mengalahkan Wapol dan krunya. Walaupun kerajaan ini tidak maju namun kerajaan ini memiliki banyak sekali dokter hebat dan terkemuka bahkan di Grand Line sekalipun. Ini menunjukkan bahwa ilmu kedokteran di kerajaan ini amat maju yang tentunya dapat berguna bagi Bajak Laut Topi Jerami.
  • Kerajaan Alabasta di Pulau Sandy, di mana mereka berhasil mengalahkan sebuah organisasi kriminal besar, Baroque Works dan pemimpinnya, salah seorang Shichibukai, Crocodile. Kerajaan ini memang tidak benar-benar kaya namun keluarga yang memerintah yakni Keluarga Nefertari adalah salah satu dari 20 keluarga kerajaan yang dahulu membentuk Pemerintahan Dunia.
  • Skypiea, di mana mereka berhasil meruntuhkan kekuasaan Enel dan pengikutnya. Tempat ini memiliki ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan adat yang luar biasa. Teknologi ‘Dials’ yang belum ada di lautan bawah memiliki kegunaan yang hebat. Selain itu, penduduknya pun menawarkan tiang emas raksasa kepada Bajak Laut Topi Jerami walaupun tidak diterima namun mereka pun nyolong harta karun penduduk tersebut. Selain Skypiea, Nami juga pernah tinggal di Weatheria, sebuah pulau yang juga berada di langit, tempat di mana ilmu pengetahuan tentang cuaca amat maju.
  • Water 7, di mana mereka pertama kali berkonfrontasi dengan CP9 serta rumah bagi para mekanik kapal berpengalaman dan ahli tentunya. Tempat ini juga merupakan tempat tinggal Franky sebelum akhirnya bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami. Ilmu pengetahuan dan teknologi perkapalan amat maju yang dapat berguna bagi Bajak Laut Topi Jerami.
  • Amazon Lily, sebuah pulau yang semua penduduknya adalah perempuan sekaligus rumah dari salah satu Shichibukai, Boa Hancock, dan Suku Kuja. Luffy menjalin hubungan persahabatan dengan penduduk pulau ini setelah berhasil menolong Boa Sandersonia, salah satu dari Tiga Saudari Gorgon yang memerintah Amazon Lily, untuk menutupi identitas aslinya sebagai mantan budak. Lebihnya lagi, Luffy berhasil membuat Boa Hancock jatuh cinta padanya. Amazon Lily merupakan pulau yang hampir semua penduduknya bisa bertarung menggunakan Haki serta kaya akan flora dan faunanya.
  • Kerajaan Ryugu di Pulau Duyung (Fishman Island), di mana mereka berhasil menghapus ancaman Hody Jones beserta kawan-kawannya dan menyelamatkan kerajaan dari keruntuhan. Kerajaan ini bisa dibilang maju dan kooperatif sampai-sampai Raja Neptune bersedia memberikan semua harta karun kerajaan kepada Bajak Laut Topi Jerami sebagai tanda terima kasih mereka.
  • Kerajaan Dressrosa, di mana mereka berhasil mengalahkan Bajak Laut Donquixote dan mengembalikan tahta kerajaan ke pihak yang benar. Saat Donquixote Doflamingo berkuasa, kerajaan ini menjadi kerajaan yang kaya namun memiliki rahasia gelap di baliknya.
  • Green Bit, adalah sebuah wilayah dekat Pulau Dressrosa di mana Kerajaan Tontatta berada. Suku Tontatta yang mendiami wilayah tersebut merupakan orang kerdil (dwarf) namun kuat walaupun ukuran tubuh mereka yang kecil. Pasukan Tontatta merupakan pasukan Suku Tontatta yang berisi 200 prajurit di bawah pimpinan Leo yang kemudian bergabung dengan Armada Besar Bajak Laut Topi Jerami.
  • Zou, adalah sebuah ‘pulau’ bergerak di atas seekor gajah raksasa di mana Suku Mink tinggal. Bajak Laut Topi Jerami dianggap sebagai pahlawan setelah mengalahkan Donquixote Doflamingo dan membawa keluar Jack beserta Bajak Laut Beasts yang telah memporak-porandakan wilayah mereka. Semua anggota Suku Mink merupakan petarung dengan kekuatan ‘Electro’.

Agak mencengangkan memang ketika kita tahu bahwa Bajak Laut Topi Jerami yang hanya beranggotakan 9 orang ini ternyata didukung oleh banyak kerajaan, suku maupun penduduk di suatu wilayah. Nggak tanggung-tanggung pula, kerajaan ataupun wilayah tersebut memiliki peran signifikan kepada dunia.

Maksudnya?

Water 7 adalah kota mekanik kapal terkemuka di dunia sedangkan Kerajaan Sakura di Pulau Drum adalah pulau tempat lahirnya dokter-dokter terhebat di Grand Line.

Nggak hanya itu, dari wilayah dan tempat-tempat tersebut, ada kerajaan-kerajaan yang merupakan anggota dari Pemerintahan Dunia, seperti Kerajaan Alabasta, Kerajaan Sakura serta Kerajaan Dressrosa. Artinya apa? Bajak Laut Topi Jerami tidak hanya didukung dari segi material atau kekuatan namun juga segi politik dalam Pemerintahan Dunia. Bayangkan saja di dunia nyata jika ada kelompok teroris yang didukung oleh negara-negara yang memiliki pengaruh besar dalam dunia internasional? Mengerikan, bukan?

Kerajaan Sakura dikesampingkan, Kerajaan Alabasta dan Kerajaan Dressrosa amat berpengaruh dalam dunia internasional. Kerajaan Ryugu nggak gue masukkin karena mereka belum betul-betul memiliki pengaruh dalam Pemerintahan Dunia karena masih adanya diskriminasi antara duyung dengan manusia. Kerajaan Alabasta dipimpin oleh salah satu dari 20 pendiri Pemerintahan Dunia, Keluarga Nefertari. INI BUKAN KELUARGA MAIN-MAIN. Ini udah kayak.. keluarga yang tingkatnya dah elit. Kerajaan Dressrosa bisa kita lihat bahwa Raja Riku telah banyak membantu kerajaan-kerajaan di sekitar Dressrosa jika mengalami kesusahan. Dengan kata lain, banyak kerajaan yang mempunyai hubungan baik dengan Kerajaan Dressrosa dan hubungan ini adalah hubungan diplomatik antara kedua kerajaan. Jika ada kelompok bajak laut yang didukung kerajaan-kerajaan seperti ini…

Luar biasa.

Terus kenapa kalau mereka didukung kerajaan-kerajaan yang berpengaruh? Bukannya kerajaan-kerajaan tersebut juga nggak bisa mendukung Bajak Laut Topi Jerami dengan terbuka? Bisa saja mereka dikucilkan dalam dunia internasional.

Oke, kalau itu memang benar. Dalam Pemerintahan Dunia, walaupun Kerajaan Alabasta adalah kerajaan berpengaruh bukan berarti dia bisa dengan seenaknya ngomong, “Bajak Laut Topi Jerami tuh baik kok. Nggak usah ngejar-ngejar dia”. Dalam dunia One Piece, bajak laut ya tetap bajak laut, kelompok kriminal di lautan lepas dan sudah menjadi kewajiban Angkatan Laut untuk menangkap mereka.

Namun mari kita pikirkan..

Bajak Laut Topi Jerami telah mendapat dukungan dari salah satu Shichibukai, Boa Hancock, berkat Luffy yang tidak sengaja ‘menarik hati’ si Shichibukai satu ini. Dan apa yang terjadi setelah itu? Impel Down kacau, bos. Impel Down, yang katanya… keamanannya super ketat berkat kepala penjaranya, Magellan.. yang katanya nggak bisa ditembus ataupun nggak ada yang bisa keluar.. HANYA dengan bantuan seorang Shichibukai, Luffy pun berhasil masuk. Kemudian dia bisa keluar dari penjara dengan selamat dengan bantuan Jinbe, yang juga seorang Shichibukai.

Nggak tanggung-tanggung, Luffy menjadi bajak laut yang dalam aksinya mengacaukan Impel Down, didukung dua orang Shichibukai. Jika dengan dua orang Shichibukai, Luffy bisa menurunkan derajat Pemerintahan Dunia dan Angkatan Laut sampai begitu rendah…

Gimana dengan raja-raja tadi?

Bisa saja Bajak Laut Topi Jerami menyusup ke Mariejois atau diam-diam memperhatikan pertemuan para raja yang diadakan oleh Pemerintahan Dunia. Bajak Laut Topi Jerami bisa juga mendapatkan informasi mengenai rahasia yang hanya raja-raja saja yang boleh tahu. Semua itu dapat terjadi karena hubungan persahabatan Luffy dengan kerajaan-kerajaan itu.

Fun Fact: Bajak Laut Topi Jerami didukung oleh langit dan lautan dalam (Skypiea yang berada di ketinggian 10.000 mdpl dan Pulau Duyung yang berada di kedalaman 10.000 m di bawah permukaan laut)

Masih belum puas?

(Next Part –>)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s