Plague Inc | The Evil Pandemic Strategy Game!

Mungkin lu sering denger tentang game-game stategi yang ada di Android maupun iOS seperti Clash of Clans, Boom BeachGame of WarKingdom Rush maupun Clash of Three Kingdoms. Kebanyakan game strategi terkenal yang ada di platform Android maupun iOS adalah game berkonsep peperangan, kalo nggak tema kerajaan ya paling modern war. Gue punya satu game yang gue rekomendasiin untuk lu-lu semua yang memiliki keahlian cerdas dalam hal strategi: Plague Inc!

Plague Inc adalah game yang bergenre strategi namun memiliki konsep yang unik. Tujuan utama game ini adalah untuk menginfeksi seluruh manusia di muka bumi dengan parasit/penyakit dan melenyapkan seluruhnya. Terdengar jahat? Memang.

Game ini dikembangkan oleh Ndemic Creations dan diliris pada tanggal 26 Mei 2012 di platform iOS dan 4 Oktober 2012 di platform Android. Game ini bahkan merajai peringkat game di Play Store selama dua minggu.

Menurut pendapat gue, game ini bener-bener menantang, nggak kayak game strategi lain. Game ini selain memiliki konsep yang unik, juga memiki sifat realistis yang tinggi. Semua tindakan yang lu lakukan akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan selanjutnya.

GAMEPLAY

Game ini memerlukan kecerdasanmu dalam menganalisis dan mengambil keputusan. Menantang bukan?

1. Apa yang dilakukan saat game mulai

Screenshot_2015-02-06-18-17-44

a. Pilih sebuah negara untuk memulai wabah tersebut

Negara awal sangat-sangat-sangat berpengaruh dalam perkembangan game. Semua negara memiliki karakteristik serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Rekomendasinya adalah memilih negara yang memiliki bandara, pelabuhan dan akses daratan yang lumayan. Hal ini sangat memudahkan kita untuk menginfeksi negara lain. Negara yang kaya akan susah untuk terinfeksi karena peralatan dan sarana kesehatan mereka yang sudah canggih dibanding negara biasa atau negara miskin.

b. Mulai untuk menginfeksi orang

Strategi adalah segalanya. Kembangkan wabahmu menjadi lebih kuat sehingga wabah lu bisa menyebar cepat dan lebih cepat.

c. Kumpulkan poin DNA

Poin DNA tuh semacam duit atau gold dalam game lain. Dengan poin DNA, lu bisa mengembangkan wabahmu menjadi lebih kuat. Dapatkan dengan cara menekan gelembung berwarna merah dan oranye yang akan muncul di negara-negara yang sudah lu infeksi.

2. Statistik penyakit

Screenshot_2015-02-06-18-18-23

a. Infectivity (Infektivitas)

Data ini menunjukkan cepat-lambatnya wabah lu untuk menyebar ke setiap orang. Kontrol penyebaran wabah baik di dalam negeri maupun antar negara. SANGAT PENTING. Persebaran sangat terpengaruh dengan ada tidaknya pelabuhan dan bandara di negara tersebut, banyaknya orang yang ada, kaya-miskinnya negara serta perbatasan darat dengan negara lain.

b. Severity (Keseriusan; Keparahan)

Data ini menunjukkan parah tidaknya gejala yang ditimbulkan saat lu terinfeksi. Ini dapat melambatkan pembuatan obat serta memberikan lu poin DNA namun akan membuat orang untuk menyadari wabah ini dan pergi ke dokter.

c. Lethality (Mematikan)

Data ini menunjukkan mudah-tidaknya wabah lu dapat membunuh seseorang. Ini dapat melambatkan bahkan mengentikan pembuatan obat serta memberikan lu poin DNA namun akan membuat orang untuk menjadi cepat sadar dan pergi ke dokter.

3. Kategori evolusi

Screenshot_2015-02-06-18-18-32

a. Transmission (Persebaran)

Mengembangkan transmission akan meningkatkan infectivity dan kesempatan untuk bermutasi.

Screenshot_2015-02-06-19-55-50

(1) Bird, menjadikan burung (terutama pigeons; merpati) sebagai wadah                 penyebaran wabah. Spesialisasi dalam penyebaran di daratan.

(2) Rodent, menjadikan hewan pengerat (terutama tikus) sebagai wadah                 penyebaran wabah. Spesialisasi dalam penyebaran di urban regions                          (perkotaan).

(3) Livestock, menjadikan makanan sebagai wadah penyebaran wabah.                     Spesialisasi dalam penyebaran di rural regions (negara agraris).

(4) Air, menjadikan partikel debu sebagai wadah penyebaran wabah. Spesialisasi   dalam penyebaran di arid environment (wilayah kering) dan lewat pesawat.

(5) Insect, menjadikan serangga sebagai wadah penyebaran wabah. Spesialisasi     dalam penyebaran di negara dengan iklim tropis/panas.

(6) Blood, menjadikan darah sebagai wadah penyebaran wabah. Spesialisasi           dalam penyebaran di negara miskin.

(7) Water, menjadikan air sebagai wadah penyebaran wabah. Spesialisasi dalam     penyebaran di humid environment (wilayah lembab) dan lewat kapal.

b. Symptoms (Gejala)

Symptoms atlas

Tentukan gejala yang timbul ke manusia yang telah terinfeksi wabah lo. Dapat meningkatkan infectivityseverity dan lethality. Enam symptoms pertama hanya lah gejala kecil namun jika terus di-evolve akan mengakibatkan severity dan lethality.

c. Ablities (Kemampuan)

Tentukan kemampuan yang dimiliki wabah lo dalam segala hal.

Screenshot_2015-02-06-19-56-13

(1) Cold Resistance, menjadikan wabah untuk tahan di lingkungan beriklim             dingin.

(2) Heat Resistance, menjadikan wabah untuk tahan di lingkungan beriklim           panas.

(3) Drug Resistance, menjadikan wabah untuk tahan jenis obat tertentu serta         meningkatkan infectivity di negara-negara kaya. Jika dilanjutkan dapat                   memperlambat pembuatan obat.

(4) Bacterial Resilence, menjadikan wabah tahan di lingkungan beriklim                 apapun. Nomer ini dapat berbeda di masing-masing level.

4. Apa yang dilakukan di tengah-tengah game

Screenshot_2015-02-06-18-17-47

a. Perhatikan berita dunia

Dunia dalam game ini sangat detail dan realistik. Lu harus perhatiin apa aja yang sudah terjadi di dunia untuk menghindari kekalahan. Nggak semua berita punya pengaruh untuk perkembangan wabah lu, ada yang cuma sebagai ‘hiasan’.

Beberapa berita yang perlu diperhatikan adalah:

(1) Perkembangan kesehatan dunia, biasanya berisi gejala ataupun penyakit           yang berhasil ditemukan obatnya sehingga tidak akan menjadi lebih parah.

Respon lu : Hindari mengembangkan wabahmu ke penyakit yang sudah                 ditemukan obatnya tersebut, useless.

(2) Bantuan dana PBB, berisi mengenai PBB yang memberikan bantuan kepada     negara-negara miskin di dunia. Hal ini menjadikan negara miskin dapat                   mengembangkan kondisi kesehatan mereka sehingga lebih terhindar dari wabah   lu.

Respon : Ya bakal susah aja sih kalo negara awal lu adalah negara miskin. Sabar     ya.

(3) Bencana alam, biasanya berisi mengenai bencana alam maupun bencana lain   seperti kebocoran pusat tenaga nuklir yang mengakibatkan korban jiwa.

Respon : Bodo amat lah, pengaruhnya ke perkembangan wabah lu DIKIT                 banget.

(4) Migrasi burung besar-besaran yang akan terjadi

Respon : BAGUS, evolve transmission wabah lu ke Bird sehingga persebaran         wabah lu lewat burung akan menjadi lebih efektif. Apalagi pas migrasi. Mantep     dah tuh.

(5) Event suatu negara, biasanya berisi mengenai adanya kegiatan di suatu             negara. Contohnya, event kegiatan di Perancis di mana orang-orang akan                 berciuman untuk menunjukkan rasa kasih sayang.

Respon : Nah, evolve symptoms lu ke Nausea yang mengoptimalkan persebaran   wabah lewat berciuman.

(6) Penemuan awal wabah lu, biasanya berisi seorang dokter di suatu negara           yang menemukan sebuah penyakit baru (wabah lu) di dalam tubuh seorang             pasien. Dokter akan mencoba untuk membuat obat untuk penyakit baru ini yang   belum mematikan tersebut.

Respon : Yap, ini mungkin awal pertanda buruk. Ini berarti, WABAH LU                 SUDAH DITEMUKAN DAN PARA DOKTER DUNIA AKAN MENCOBA UNTUK   MEMBUAT OBATNYA. Evolve abilities wabah lu ke Drug Resistance  dan               seterusnya untuk mencegah pembuatan obat ini.

Salah satu cara lain untuk mencegah penemuan wabah lu adalah dengan evolve transimission wabah menjadi Insomnia yang mengakibatkan orang menjadi kurang produktif karena kurang tidur (artinya dokter nggak kerja) sampai Paranoia yang mengakibatkan orang untuk takut dan tidak percaya serta tidak kooperatif ke orang lain, bahkan ke dokter sekalipun (artinya orang yang sakit nggak bakal ke dokter)

b. Sebarkan jauh, kembangkan cepat!

Bijaklah dalam menggunakan poin DNA. Buatlah skala prioritas dalam menggunakan poin DNA, baik untuk transmission, symptoms maupun abilities.

c. Bersiaplah untuk serangan balik manusia!

Manusia nggak hanya tinggal diam saat mereka pertama menemukan wabah lu. INGAT! Semakin mematikan wabah lu, semakin kuatlah mereka akan menyerang balik. Tips-nya: pada awal permainan, jangan terlalu memikirkan untuk mengembangkan symptoms karena akan meningkatkan severity dan lethality  yang mengakibatkan wabah lu akan mudah untuk ditemukan. Biarkanlah wabah lu tidak mematikan untuk sementara waktu.

5. Bagaimana menyebarkan wabah

Screenshot_2015-02-06-18-18-43

a. Dalam negeri

Ini hal yang paling penting dalam game yaitu penyebaran wabah di dalam negeri awal sebelum ke luar negeri. Kembangkan transmission sesuai dengan karakterisik negara awal tersebut. Jangan lupa kembangkan ablities Drug Resistance jika berada di dalam negara kaya, kalau tidak akan susah penyebarannya.

INGAT! Seiring perkembangan penyebaran di dalam negeri, lu juga harus perhatikan perkembangan ke luar negeri. Karena semakin banyak orang terinfeksi di suatu negara maka wabah lu akan semakin mudah ditemukan. Nah kalo wabah lu udah ditemukan duluan padahal belum tersebar ke negara lain? Wayoloh.

b. Ke luar negeri

Ada tiga cara, lewat pesawat, kapal dan daratan. Tips untuk pesawat dan kapal: Negara kaya biasanya memiliki lalu lintas penerbangan dan pelayaran yang sibuk sehingga menjadi salah satu keuntungan untuk memilih negara kaya sebagai negara awal. Masing-masing negara punya satu alat transportasi yang lebih ramai, entah itu pesawat entah itu kapal. Jika lu tahu kalo negara lu lebih banyak lewat pesawat (misalkan) maka evolve transmission wabah lu ke Air.

Negara kepulauan seperti Indonesia, Filipina, Karibia, Papua Nugini, Selandia Baru, Greenland ataupun Iceland akan lebih susah untuk terinfeksi karena tidak memiliki akses darat. Negara yang paling sulit untuk diinfeksi adalah Greenland. Selain dia adalah negara kepulauan, Greenland memiliki penduduk jarang, memiliki iklim dingin dan hanya memiliki pelabuhan sehingga hanya akses lewat kapal.

c. Penutupan akses antar negara

Jika wabah lu makin menyeramkan maka pemerintah suatu negara tidak akan tinggal diam dan akan mengambil langkah untuk menjauhkan negaranya dari wabah.

(1) Penutupan bandara, pelabuhan dan akses darat, jika suatu negara melakukan   ini maka pesawat maupun kapal tidak akan bisa masuk-keluar negara tersebut.     Wabah tidak bisa menyebar lewat kapal, pesawat maupun udara namun hewan     masih bisa masuk ke negara itu. Gunakan rodent, bird ataupun livestock.

(2) Pemberhentian pasokan air dan pembagian air dalam kemasan botol, jika         suatu negara melakukan ini maka penyebaran wabah menjadi susah lewat air         (water).

(3) Pemberhentian pasokan makanan, jika suatu negara melakukan hal ini maka   penyebaran wabah tidak bisa lewat bahan makanan (livestock).

(4) Pembagian masker, jika suatu negara melakukan hal ini maka penyebaran         wabah menjadi susah lewat partikel debu (air).

(5) Pembunuhan massal merpati, tikus dan pembagian obat serangga, jika suatu   negara melakukan ini maka penyebaran wabah akan menjadi susah lewat hewan   (rodent, bird dan insect).

6. Beradaptasi dengan negara berbeda

Screenshot_2015-02-06-18-18-49

a. Overview negara-negara

Sudah gue jelaskan bahwa setiap negara memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pelajarilah semuanya maka wabah akan menjadi lebih berkembang.

b. Iklim negara

Iklim negara ada tiga yaitu panas, dingin dan seimbang (balanced). Wabah akan susah menyebar jika berada dalam negara yang panas maupun dingin.

c. Demografi negara

Ada urban, rural, humid, arid, poor, rich dsb yang akan berakibat pada perkembangan penyebaran wabah. Bijaklah dalam mengembangkan wabah.

7. Obat dan bagaimana menghentikannya

Screenshot_2015-02-06-18-18-56

a. Apaan tuh?

Obat adalah satu-satunya harapan manusia dalam mengatasi wabah. Setiap negara akan memberikan sumbangan uang untuk pembentukan obat. Makin mematikan wabah lu, makin banyak uang yang akan mereka sumbangkan.

b. Bertahan melawan obatnya

Udah gue jelasin, kalo wabah lu nggak nyeremin, dunia nggak akan peduli. Kembangkan abilites Drug Resistance dan Genetic Hardening untuk memperlambat pembentukan obat.

c. Menghentikan pembentukan obat

Buatlah wabah lu makin parah untuk memperlambat kerja dokter. Makin banyak orang mati, pembentukan obat pun akan makin lambat. Saat jumlah orang yang mati di suatu negara melampaui batas maka negara akan berhenti bekerja dalam pembentukan obat. Tindakan anarkis rakyat juga dapat menghentikan pembentukan obat.

8. Spesial event dan aksi

Screenshot_2015-02-06-18-19-03

a. Tim riset penyakit

Suatu negara akan mengirim sebuah tim riset penyakit ke negara lain lewat pesawat untuk membantu mempercepat pembentukan obat. Tekan gelembung biru yang muncul untuk memperlambat pembentukan obat.

b. Mutasi

Wabah lu dapat bermutasi dengan sendirinya selama berjalannya waktu, memberikan lu symptom gratis. Dengan menginfeksi hewan, lu meningkatkan kesempatan bermutasi.

Mutasi memiliki dampak positif dan negatif. Positifnya lu dapet symptom gratis, negatifnya kadang-kadang sympotm gratis yang diberikan bukan apa yang lo mau dan nggak boleh ada dulu (terlalu cepat untuk ada) sehingga lu harus devolve. Contohnya lu dapet symptom yang bisa bikin orang mati padahal lu baru di awal permainan, ya kan kamfret tuh.

c. Aksi pemerintah

Perhatikan selalu aksi pemerintah dalam berita. Segera berikan respon terhadap aksi tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Apa yang dilakukan di akhir game

Screenshot_2015-02-06-18-18-16

a. Bunuh semua orang!

Untuk menghentikan manusia dalam pembuatan obat, bunuh mereka semua. Kembangkan symptoms lu untuk meningkatkan lethality.

b. Statistik

Dalam World Tab, disediakan data mengenai berbagai macam hal, contohnya grafik perkembangan jumlah kematian manusia, grafik perkembangan jumlah manusia yang terinfeksi, data negara yang telah terinfeksi, yang belum terinfeksi dan yang sudah hancur, perbandingan antara manusia yang belum terinfeksi, sudah terinfeksi dan mati dan lain sebagainya.

c. Menang, yeay

Lu dinyatakan menang ketika semua orang di dunia telah mati. Lu dinyatakan kalah ketika semua orang yang telah terinfeksi mati padahal masih ada orang lain yang belum terinfeksi, artinya masih sehat. Jangan biarkan seorang pun masih dalam keadaan sehat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s